Business Opportunity Soto Ayam Joglo Soto'ne Mas Inu

Business Opportunity Soto Ayam Joglo Soto'ne Mas Inu
Sebuah kesempatan kerjasama usaha Soto Ayam dengan type investasi terjangkau dengan hasil yang relatif besar hingga 70%

Selasa, 18 September 2007

Bisnis Ritel Kian Ketat Bersaing

disadur dari :
JAKARTA, (PR).-
Pikiran Rakyat

Bisnis ritel di Indonesia kini memasuki persaingan yang sangat ketat, terutama dengan masuknya pemain asing di bisnis ini. Meski demikian, prospeknya sangat baik. Sebab, masih sangat sedikit mini market yang melayani kebutuhan 200 juta lebih rakyat Indonesia.

"Prospek bisnis di bidang ritel masih terbuka lebar. Hanya sedikit merek dagang yang terjun di bidang ritel, khususnya minimarket di Indonesia," ujar Presiden Direktur Indomarco Prismatama, Sinarman Jonatan kepada wartawan usai peresmian waralaba Indomaret ke 1001 di Jakarta, Senin (13/12).

Sinarman mencontohkan, di Jepang, ritel dengan merek Seven Eleven memiliki 10.000 toko. Demikian juga dengan Family Mart yang memiliki jumlah yang sama. "Di Indonesia, kami baru memiliki 1001. Itu masih sangat sedikit bila dibandingkan jumlah penduduk kita. Karena itulah saya yakin prospek bisnis ini masih sangat baik," ujar Sinarman yang telah mewaralabakan merek dagang Indomaret ke masyarakat sejak 1998 ini.

Menurutnya, kehadiran pebisnis ritel besar dengan merek dagang Carrefour, Giant, atau Hypermart bukanlah ancaman bagi mini market. Meski demikian, pengaturan tempat usaha atau zonasi masih diperlukan.

"Rencana pemerintah untuk menetapkan zona bagi pengusaha ritel itu sangat baik. Zonasi itu mempunyai tujuan baik, tinggal kita berusaha lebih baik dalam menjalankannya. Sebab tidak akan bisa melayani masyarakat secara keseluruhan," ujar Sinarman.

Selain itu, lanjutnya, masing-masing pemain memiliki strategi dan pangsa pasar sendiri-sendiri. "Tinggal kita melihat batasan yang diberikan pemerintah dan menyesuaikannya. Kami tidak mengkhawatirkan pembatasan, tetap akan ada ruang gerak untuk berbisnis," tambah Sinarman yang kini memiliki 13.500 karyawan ini.

Karena keyakinan itulah, Sinarman mengungkapkan bahwa tahun depan pihaknya menargetkan tambahan 600 toko. "Tentunya kita akan lebih banyak franchise-nya. Kalau sekarang ini 50 persen franchise, tahun depan kita akan tingkatkan persentasenya," tuturnya.

Ia merasa, masyarakat akan tetap memberikan kepercayaannya pada bisnis ritel. "Saya melihat masyarakat mempunyai kejelian dalam melihat peluang. Masyarakat membutuhkan jaminan pasokan sehingga bisnis waralaba ritel ini masih sangat terbuka," tambahnya seraya mengatakan bahwa omzet terkecil toko yang ada di perusahaannya adalah Rp 5 juta/hari.(A-83)***

Tidak ada komentar: